Peran Hutan Dalam Mitigasi Perubahan Iklim

5 Rekomendasi Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjaga Hutan

Jam dinding menunjukkan pukul 8 pagi, rasanya hari sudah sangat panas. Kipas angin rasanya bekerja 24 jam belakangan ini.  Bergegas saya menyelesaikan pekerjaan domestik. Cucian baju sudah numpuk. Tak terasa menunggu mesin cuci bekerja, pakaian bersiap untuk dijemur. 

Matahari sudah semakin meninggi, jam dinding  menunjukkan pukul 9 pagi. Cucian sudah ready di jemuran dan siap mengering. Menjelang tengah hari, panasnya semakin terasa masuk ke dalam rumah. Bergegas saya membalikkan pakaian yang belum kering. Alhamdulillah sebagian besar  pakaian  yang dijemur sudah mengering.

Terlihat ada awan gelap menggantung diatas. Tampaknya akan turun hujan. Tanpa menunggu lagi, saya segera menepikan jemuran ke tempat yang aman. Kejadian 3 hari yang lalu tak perlu terulang lagi. Dengan alasan sebentar lagi, malah kelupaan dan telat, pakaian yang dijemur  diguyur hujan. 

Matahari rasanya gampang banget berubah mood saat ini. Terkadang dikira masih panas sepanjang hari, eh hujan malah turun. Atau sebaliknya, hujan turun sebentar, dan seketika berubah menjadi  panas sepanjang hari. 

Musim penghujan yang dulu waktu SD dipelajari hanya terjadi di akhir-akhir tahun, kini sudah tidak berlaku lagi. Hujan bisa turun sepanjang tahun tidak seperti jadwal biasanya. Begitu juga dengan musim kemarau. Yang terjadi di keseharian kita  ini, adalah  salah satu contoh terjadinya  perubahan iklim. Tidak hanya di Indonesia, ini terjadi di seluruh dunia. 

 

Pernah dengar? kabar tentang Jakarta akan tenggelam di tahun 2030? Nah, itu juga contoh salah dua terjadinya perubahan iklim. 

Ternyata efek buruk perubahan iklim ini, tidak hanya menyebabkan ibukota saja yang tenggelam, namun juga diprediksikan, setidaknya ada 115 pulau di Indonesia yang juga bisa turut tenggelam lho. Hal ini karena terjadinya krisis perubahan iklim dan turunnya permukaan tanah. 

peran hutan

Penyebab perubahan iklim itu, apa aja sich? yuk kenali satu-satu 🙂 

Penyebab perubahan iklim itu antara lain : 

  1. Kelistrikan dan Produksi panas
  2. Pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan 
  3. Industri
  4. Transportasi 
  5. penggunaan energi lainnya 
  6. Bangunan 

Lalu apa yang harus kita bisa lakukan untuk turut serta menjaga hutan? 

1.Kenali, dukung dan turut dalam aksi perlindungan hutan  di sekitar kita

Pak Nasiun, pecinta hutan yang sangat aktif dan kini terus menjaga 1677 hektar hutan di desanya. Ranger hutan seperti ini baiknya tidak hanya ada di Bengkulu saja, mengingat hutan diseluruh Indonesia butuh ranger yang aktif seperti Pak Nasiun. Selain Pak Nasiun, Bu Sumini  juga seorang ranger hutan dari Aceh. Beliau dan ranger lainnya aktif menjaga hutan di 251 hektar hutan Aceh. Dengan menjaga hutan, maka pohon-pohon di hutan akan aktif mengeluarkan oksigen, udara bersih ke udara. Dan tentunya , hutan ini akan mampu menyerap karbon yang menjadi penyebab panas di bumi. 

2. Gunakan penyediaan barang-barang yang pro terhadap lingkungan 

Penggunaan barang-barang dari non kayu agar tidak semakin banyak hutan yang gundul. 

3. Turut menolak kebijakan yang berbahaya untuk lingkungan 

4. Turut berdonasi untuk penjaga hutan 

peran hutan

Satu hal yang sangat gampang kita  lakukan adalah turut berdonasi untuk penjaga hutan di Indonesia. Caranya sangat gampang. langsung kunjungi aja donasi untuk hutan .

Lewat donasi untuk hutan tersebut, kita bersama-sama dalam waktu singkat menjaga hutan Indonesia. 

5. Memilih pemimpin yang handal dalam membuat kebijakan perlindungan lingkungan

Gimana Sob, udah tau mau ikut andil ambil peran apa saat ini? Buat temen-temen yang masih bingung, kamu bisa banget berkontribusi di bidang yang kamu senangi. Misalnya saja, kamu suka nulis? kamu bisa banget sharing tentang lingkungan di blog.  Bersyukur banget menjadi salah satu #ecobloggersquad di tahun 2022 ini jadi bisa lebih paham tentang apa yang sedang bumi rasakan saat ini. 

Yuk, saya tunggu aksi positifmu ya 🙂 

  1. https://www.maria-g-soemitro.com/ :

    mentang mentang gak kelihatan, kita sering meremehkan peran hutan ya?

    Gak heran banyak yang cuek aja mendengar kebakaran hutan

    mereka lupa, tanpa oksiden, kita hanya bisa bertahan hidup beberapa detik

  2. bener banget ya mbaaa, climate change ini efeknya super ngeriii
    banyak bencana yg tersebar di seluruh penjuru Bumi.
    Alhamdulillah, kita bs mengoptimalkan peran hutan utk mitigasi yaaa

  3. https://www.blogger.com/profile/16870710469519822351 :

    Butuh kerjasama banyak pihak untuk tetap melindungi hutan ini, ya. Terima kasih sudah mengingatkan.

  4. Https://www.warawiriworo.com :

    Aksi sederhana yang bisa aku lakukan di rumah menanam tanaman dapur aja kaya pandan, lidah buaya, cabe, tomat, daun bawang. Selain bisa mengurangi polusi juga pengeluaran lebih hemat.

  5. www.reyneraea.com :

    Astagaaaa, itu masalah hujan itu ya, begitu membagongkan ibukibuk, baru aja keluarin jemuran, udah hujan lagi.
    Saya sampai malas banget keluarin jemuran sekarang, lebih sering jemur dalam rumah, dengan resiko harus banyakin pewangi, biar nggak apek.
    Lagian nih hujan ya, nggak bisa ditebak lagi musimnya kayaknya.
    Saking banyak yang meremehkan hutan ya

  6. https://www.lovelylampung.com/ :

    Betul setuju. Hutan ini memang penting keberadaannya karena penyuplai oksigen terbesar dan penghasil glukosa melimpah yang kita konsumsi sehari2. Bayangkan pohon habis di bumi, ya sudah habis juga organisme di biosfer.

  7. https://www.annienugraha.com :

    Banyak pemangku kepentingan yang terlibat dalam pelestarian hutan. Bukan hanya mereka yang langsung terlibat di dalam kepengurusan pelestrarian hutan, tapi juga publik/masyarakat biasa, serta tentu saja mereka yang menjalankan industri dari hasil hutan. Jadi urusannya adalah dari hulu ke hilir. Jadi saya salut banget dengan berbagai kelompok pemerhati dan penjaga kelestarian lingkungan yang terus gigih bergerak melakukan banyak hal menghadapi dan mengatasi perubahan iklim.

  8. www.fennibungsu.com :

    Dengan semua elemen ikut partisipasi jaga lingkungan, maka kita dapat berupaya membuat bumi tetap lestari, dan mengantisipasi daratan yang akan tenggelam. Yuk semangat kerjasama

  9. https://tehokti.com/tips-memilih-mukena-baru-nyaman-digunakan.html :

    Semangat melakukan hal kecil untuk kelestarian hutan, sekaligus kelestarian bumi tempat tinggal kita. Menanam pohon, membuang sampahnya tidak sembarangan, adalah hal yang seperti sepele tapi dampaknya besar ya

  10. https://www.eureka-pedia.com :

    Indonesia negeri akan keberkahan karunia sumber daya alam dari Illahi salah satunya hutan, karena akan menyimpan oksigen dan semacamnya. Yuk rawat hutan.

  11. https://www.blogger.com/profile/16870710469519822351 :

    Pingin banget turut serta melakukan semuanya. Semoga bisa, ya. Mengingat hutan memang penting bagi dunia

  12. https://instagram.com/cicidesri :

    udah 4 bulan ini ikut kelas tentang zero waste dan alam, tugasnya lumayan berat tapi makin tau kondisi lingkungan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan ya mba.

  13. www.riawanielyta.com :

    Semoga semakin banyak program nyata pelestarian lingkungan termasuk hutan agar paru2 bumi tetap terjaga

  14. https://www.yunihandono.com :

    Betul mbak, saat ini kita sudah tidak bisa memprediksi cuaca. Iklim di Indonesia sering berubah, harusnya sudah musim kemarau ternyata malah hujan. Dulu saya mengira hanya Papua saja yang tidak memiliki pergantian iklim yang pasti, ternyata hampir semua daerah di Indonesia juga demikian. Hutan yang harusnya dilestarikan kadang tidak diperlakukan sebagaimana mestinya. Semoga kita makin banyak yang sadar bahwa mencintai Indonesia termasuk pula mencintai sumber daya alam yang ada, termasuk ikut meleatarikan hutan.

  15. https://liza-fathia.com/imunisasi-lengkap/ :

    efek dari perubahan iklim ini memang sangat terasa ya mbak. selama 17 hari berpuasa, di daerahku panasnya minta ampun dan engga hujan-hujan. enggak hanya di tempatku, di kampung halamanku yang dulu terkenal dengan kota dingin juga mulai panas. yuk, semangat menjaga bumi agar perubahan iklim tidak semakin menjadi-jadi

  16. www.lidbahaweres.com :

    Halo mba, aku baru tahu ada donasi hutan. Bagus juga biar makin banyak yang bisa berkontribusi positif dengan cara sumbang tapi satu sisi dalam praktek kehidupan ya bener bener jaga hutan secara maksimal

  17. https://instagram.com/ke2nai :

    Kalau kata almh tante saya, dulu mudah banget mengingat musim hujan. Biasanya kalau nama-nama bulan berakhiran ‘ber’ (September s/d Desember) artinya musim hujan. Sekarang mah berubah-ubah. Saya juga menantikan pemimpin yang mau mementingkan masalah lingkungan.

  18. https://www.kataeca.com/ :

    Gak ada tindakan yang sia-sia sih ya kak. Sekecil apapun itu kelihatannya. Aku saat ini mungkin baru bisa menerapkan 2 di antaranya untuk ikut menjaga hutan. But, semoga bisa jadi membantu.

  19. https://instagram.com/ke2nai :

    Permasalahan iklim ini memang bukan sesuatu yang bisa dinanti-nanti penyelesaiannya. Karena kalau udah semakin parah bisa semakin sulit diselesaikan. Malah mungkin jadi terlambat. Naudzubillah.

  20. aliyatus sa'diyah :

    nah ini nih yang harus dimulai dari diri sendiri dulu makanya pengenalan lingkungan dan pelestariannya emang harus dimulai dari pendidikan keluarga sejak dini

  21. https://andyhardiyanti.com :

    Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk turut menjaga hutan ya mbak. Hal-hal kecil seperti menggunakan produk ramah lingkungan itu salah satunya. Berdonasi gini pun termasuk hal simple yang bisa segera dilakukan. Apalagi untuk saya yang jarang masuk hutan dan gak tahu banyak soal hutan, halaman donasi ini membantu banget untuk kita menitipkan sebagian kecil rezeki yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk melestarikan hutan.

  22. https://www.kembanggularoom.com :

    Setuju banget niih, ngerasain banget kalo akhir akhir ini cuaca nggak menentu yaa, bahkan hari ini ada daerah di bandung yang banjir, ada banyak cara buat menjaga hutan ini ya, donasi kaya gini termasuk yang paling simple menurutku

  23. https://hanalle.com :

    Ngomongin ranger hutan, malah teringat drama Korea jirisan atau mount Jiri. Perjuangan untuk menjaga hutan memang mudah. Butuh kerjasama dr semua pihak. Jika semua elemen masyarakat sadar dan mau menjaga hutan, semoga saja perubahan iklim dan bencana bisa minimalisir.

  24. https://www.rahmawatieka.com/ :

    Iya bener banget sekarang cuaca jadi gak menentu. Yg harusnya musim panas malah jadi musim hujan dan begitu sebaliknya huhu.

    Kayaknya kalo untuk aku tindakan nyata untuk membantu melestarikan hutan ya dengan ikut donasi.

  25. https://idatahmidah.com :

    Iya dampaknya memang mengerikan harus terus edukasi terus mulai diri sendiri dari hal yang kecil dan dari saat ini juga perlu terus digalakkan ya…

  26. http://indahnuria.com :

    beneer ya mba… memang banyak sekali sebenarnya hal – hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kelestarian hutan kita dan bumi kita tercinta

  27. www.lidbahaweres.com :

    Keren sehalian Pak Nasiun yang menjaga 1677 hektar hutan dengan baik hingga kini. Smoga kita semua juga semakin tergerak hatinya untuk melakukan yang terbaik untuk menjaga hutan ya

  28. https://www.marikepo.com/ :

    Makanya kita perlu melestarikan alam terutama hutan ya. Bersyukur di Indonesia hutannya masih tergolong banyak. Butuh edukasi sekali nih untuk merawat hutan-hutan.

  29. Uniek Kaswarganti :

    Ngeri juga yaa… membayangkan bumi akan tenggelam hiks… ntar kita tinggal dimana dong kalau gitu.
    Penting banget untuk mengambil peran serta dalam menjaga linkungan hidup. Dari hal-hal kecil, asalkan konsisten dan dilakukan secara bersama-sama, bumi akan tetap menjadi rumah yang nyaman untuk kita hingga anak cucu nanti.

  30. https://lendyagassi.com :

    Langkah kecil kita dengan melakukan perbuatan baik terhadap bumi akan sangat berarti. Terutama dukungan finansial untuk para penjaga hutan.
    Selain bantuan finansial, juga bisa kampanye menggunakan tulisan yang inspiratif seperti kak Desi.

  31. www.akucantikkk.com :

    Kurangi pemakaian kertas, dan gunakan kertas dikedua sisi, kurangi juga limbah kertas yang ada dirumah lebih baik pakai wadah makanan daripada membungkus makanan dengan kertas

  32. https:///www.putrikpm.com :

    Climate change ini bener-bener sih terasa banget apalagi aku kan tinggal di apart ya, perubahan suhu, udara dan cuaca kentara jelas. Dan jujur, udah jarang banget gak sih lihat hutan di Jakarta? Dan beruntungnya aku, lingkungan di tempat tinggalku ada hutan kecil buatan untuk paru-paru di sekitar apart. Jadi sejuk kalau jalan pagi atau jogging di area taman apart.

  33. https://kamarkenangan.com :

    Nah,ada banyak hal sederhana yang sebenarnya bisa kita lakukan ya untuk menjaga hutan dan juga melindungi bumi dari kerusakan. Dan tentunya juga sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk merawat alam ini

  34. https://lendyagassi.com :

    Mendadak perubahan cuaca atau terjadi perubahan yang ekstrem gini memang meresahkan yaa..
    Dan semoga dengan menaman pohon, meski sekarang nanemnya dan tumbuh perlahan, tapi menjadi harapan bagi anak cucu kelak.
    Bahwa perubahan mitigasi lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri dan dengan cepat. Butuh waktu dan bergerak bersama-sama.

  35. https://keluargamulyana.com/ :

    Nah kerasa banget air laut ini makin naik ke daratan.
    Pernah ke Pantai Pasir Putih di Situbondo, dulunya itu daratan luas bisa buat kemah dan tiduran di pinggirnya.
    Sekarang air laut makin naik, jadi daratannya makin sedikit 🙁

    Belum lagi awal tahun 2022 disambut bencana alam bertubi-tubi, gempa bumi, kerasa kalau alam sedang tidak baik-baik saja.

  36. https://bayufitri.com/ :

    Wah perubahan iklim ini menyedihkan ya emang harus diantisipasi ..yang penting kita semaksimal mungkin menjaga lingkungan spya tetap lestari

  37. Anggraeni Septi :

    luar biasa nih peran hutan, kadang orang kota karena berasa hutannya nggak terlihat,
    maka meremehkan barang yang itu terproduksi karena peran hutan.
    Semoga kita bisa mulai ngurangi produk non hutan deh, takut kalo banyak hutan gundul hiks

  38. www.anggraenisepti.com :

    luar biasa nih peran hutan, kadang orang kota karena berasa hutannya nggak terlihat,
    maka meremehkan barang yang terproduksi karena peran hutan.
    Semoga kita bisa mulai ngurangi produk non hutan deh, takut kalo banyak hutan gundul hiks

  39. https://www.instagram.com/nabilladp/ :

    meski kita di rumah aja, banyak cara yang bisa kita tempuh untuk ikut menjaga hutan yaa mba.. kalau saya paling suka ikut donasi hutan. karena itu kegiatan yang efeknya juga terasa meski berjarak

  40. https://www.bundabiya.com/ :

    sekarang aku pun sebisa mungkin juga pakai barang2 yang lebih ramah lingkungan mba, jadi memilah brand dan memprioritaskan yang sudah punya sertifikat eco. paling tidak ini bentuk dukungan kita juga yaa meski dar rumah

  41. Mutia Nurul Rahmah :

    aku juga sedang berusaha untuk menerapkan langkah yang lebih bijak dalam keseharian, serta mengurangi pemakaian produk instan yang diproduksi dari hutan

  42. Beraksi melalui tulisan bisa juga ya, Mbak Des. Ikut menyebarkan do and don’t nya. Hal positif kecil sekalipun juga akan berpengaruh untuk alam. Eh anyway selamat ya Mbak sudah menjadi bagian bloger untuk #ecobloggersquad. Semangaaaaaat

  43. https://zlindra.net :

    WHAAA! aku pun mulai pelan pelan jaga lingkungan. Belum aksi besar gmn gmn sih. baru sesimpel mengurangi penggunaan barang-barang sekali pakai hehe

  44. https://irraoctavia.com :

    hutan tuh punya peran yang sangat penting banget untuk dunia. wajib banget kita jaga lingkungan agar hutan kita tetap terjaga.

  45. https://www.kyuuuto.com :

    Aku baru tau ternyata ada donasi untuk penjaga hutan ya. Ini penting banget buat apresiasi kepada penjaga hutan.

  46. https://www.kyuuuto.com :

    Aku baru tau ternyata ada donasi untuk penjaga hutan ya. Ini penting banget buat apresiasi kita kepada penjaga hutan.

  47. www.petualangcantik.com :

    Hutan salah satu kehidupan yang harus kita jaga kelestariannya. Sebagai mahluk yg memiliki akal dan pikiran wajib nih mengetahui cara antisipasi agar kehidupan bumi terus berlangsung dan terjaga.

    Salah satunya dg gunakan barang2 ramah lingkungan. Dan ini perlu banget kita terapkan dalam kehidupan sehari2.


Your email address will not be published. Required fields are marked *