Pernah ngerasa banyak kerjaan, namun laptop yang didepan mata tidak mumpuni? 

Harus buka banyak aplikasi dalam satu layar? 

Sama banget dengan yang sehari-hari saya alami. 

Pandemi telah banyak merubah yang dulu dianggap lumrah. Memulai bisnis di rumah jadi pilihan saya untuk menyambung hidup agar tetap produktif dan berpenghasilan. Dimulai dari satu online shop, dan kini berkembang menjadi lima online shop yang saya kelola di instagram. Meski terengah-engah, saya menikmati prosesnya. Saat banyak chat dan order dari customer, rasanya laptop yang di hadapan sudah tak kuat lagi. Tiba-tiba dia nge-hang, dan disitu saya sadar terlalu banyak tab yang sedang loading

Andai ada laptop yang bisa support kegiatan saya, sungguh terasa sangat membantu, doa dalam hati. 

asus zenbook oled

Setelah melirik-lirik beberapa jenis laptop, saya jatuh hati dengan laptop ASUS Zenbook  14X OLED (UX5400) ini, karena cocok banget dengan kebutuhan yang saya perlukan. Yuk, saya share kelebihan dari Laptop Zenbook 14X OLED (UX5400) ini. 

Didukung Software ScreenPad ™ 2.0 Expert Terbaru

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) punya fitur yang diandalkan dan belum banyak dimiliki oleh laptop premium lainnya. Namanya ScreenPad™ 2.0. Layar mini ini juga berfungsi sebagai touchpad.  Untuk mengaktifkan screenPad ini, caranya dengan menekan tombol F6 di keyboard.  Ini PAS banget buat saya dan temen-temen yang multitasking saat di depan laptop. Layar mini ini multi fungsi banget. 

Fitur Quick Key

Fitur ini bisa mempersingkat waktu, buat yang biasanya pakai kombinasi tombol untuk shortcut. Tinggal klik icon Quick key, langsung pilih perintah apa yang sedang dibutuhkan. 

 

shortcut expert

Fitur Quick Key ini bisa juga dikustomisasi. Dengan Quick key bisa membuat folder sendiri yang bisa langsung terhubung dengan aplikasi yang kita butuhkan untuk mempercepat pekerjaan. 

Ini akan jadi folder yang akan saya isi dengan aplikasi zoom, youtube atau telegram. Jika saat sedang bersamaan ada jadwal webinar dan chat customer masuk, maka akan tetap bisa melayani customer dengan secepat mungkin.

Fitur App Switch

Hanya dengan menekan tombol fitur App Switch, dapat dengan mudah menampilkan layar kedua yang ada di ScreenPad , otomatis tampilan  layar kedua pindah ke layar utama. 

Dengan screenPad ini memungkinkan saya juga untuk tetap bisa membuat draft tulisan di blog walau masih jam operasional toko online. Di layar utama saya bisa tetap membuka MS Word dan di layar kedua ini, bisa membuka aplikasi chatting. Selain itu, juga tetap bisa mengikuti webinar lewat aplikasi zoom, pantau perkembangan di komunitas, mendengarkan pencerahan lewat youtube, hingga tak terlewat bisa sambil nonton channel favourite. 

Kelebihan Layar Produktif ASUS OLED

Berlama-lama di depan layar laptop tampaknya tak bisa dipungkiri. Selain soal pekerjaan, juga soal kebutuhan untuk hiburan, sekedar melepas penat. Setelah beberapa jam menyelesaikan tulisan atau aplikasi lainnya, mencari hiburan juga melalui layar laptop lewat nonton youtube atau drama korea yang sedang on going. Ada saja alasan yang membuat kita balik lagi dan berlama-lama di depan layar laptop. Namun kini  jangan terlalu khawatir lagi.

Layar ASUS OLED Tersertifikasi Low blue-light

Layar ASUS OLED sudah mendapatkan sertifikasi low blue-light dan anti flicker dari TUV Rheinland. Sertifikasi ini membuktikan bahwa pengguna laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) dapat bekerja lebih lama tanpa membuat lelah karena cahaya layar nyaman bagi mata. 

low blue light

Kualitas Visual Terbaik dari Layar ASUS OLED

Selain itu, layar  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki spektrum warna terbaik dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display. Color gamut laptop ini mencapai 100% pada color space DCI-P3. Visual yang dihadirkan bukan abal-abal. Fitur HDR yang tersertifikasi oleh VESA, produksi warna yang sangat kaya sehingga tak khawatir lagi saat mendesain gambar untuk instagram atau blog. 

 

Beberapa pengalaman saya, terkadang saya mendesain lewat aplikasi Canva rasanya warna yang saya pilih sudah mantap. Namun setelah melihat hasil akhirnya di layar handphone terlihat warna yang berbeda, tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Tak diragukan lagi hasilnya kalo sudah punya laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini. 

zenbook 14XOLED

Ruang Kerja Lebih Luas dengan Rasio Layar 16:10

Jika dibandingkan laptop pendahulunya yang masih dengan rasio 16:9, Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki ruang kerja yang lebih luas dengan rasio layar 16:10  dan resolusi 2.8K (2880 x 1800). Dengan rasio layar yang lebih luas ini maka tentunya akan lebih mudah dalam hal  proses desain dan nyaman untuk melihat banyak konten. 

rasio layar 16:10

Dukungan Hardware Modern Untuk Performa Lebih Produktif

Bukan rahasia lagi, hardware yang dimiliki laptop akan mendukung performa laptop. Semakin modern hardware laptop maka akan semakin baik juga performa yang dihasilkan. 

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. 

Laptop ini juga dilengkapi chip grafis  NVIDIA® GeForce® MX450. Chip grafis  ini akan sangat membantu siapapun  dalam proses persiapan membuat konten. 

Memori yang dapat ditampung hingga 16GB dengan penyimpanan PCIe SSD dengan kapasitas hingga 1TB. Kapasitas yang lega banget, sehingga sangat membantu proses kecepatan loading saat multi tasking dan dalam hal  penyimpanan file-file foto produk . 

Daya pacu performa laptop bisa ditingkatkan dengan ASUS  Intelligent Performa Technology dengan tiga pilihan performa, Performance mode, Balance mode, dan Whisper mode. 

Performa laptop tentunya didukung batere yang dimiliki. Batere laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) berkapasitas 63Whr. Dengan kapasitas ini, laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki daya tahan lebih lama. Fitur fast charging dalam laptop ini  memudahkan dalam hal pengisian batere. Dalam waktu 1 jam, pengisian batere sudah full. Meski  sedang terburu-buru, laptop ini dapat diandalkan.  

 

 

Konektifitas yang Lengkap

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) semakin ciamik dengan  konektifitas yang lengkap. Mulai dari koneksi kabel, koneksi nirkabel, dan  koneksi port yang lengkap. Konektifitas yang lengkap  akan mendukung kelancaran produktifitas. 

Berbagai port seperti HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, MicroSD dan 3.5mm combo audio jack, dua port USB Type-C Thunderbolt™, dan  Port modern serta fitur USB Power Delivery. Masing-masing port memiliki beragam fungsi, mulai dari transfer data dengan kecepatan tinggi hingga 40Gbps, dan juga koneksi dengan dukungan resolusi hingga 8K. 

Koneksi nirkabel menggunakan wifi 6 dengan kecepatan transfer data yang tinggi dan stabil. Jadi , semakin mudah dan nyaman saat koneksi ke internet. 

Laptop Simpel dan Ultraportable

Dengan semua fitur yang lengkap dari ASUS Zenbook 14X OLED, ada satu hal lagi yang membuat laptop ini jadi idaman. Desainnya yang simpel dan ringan  untuk dibawa bepergian. 

Berat laptop kece ini hanya 1,4 kg dengan tebal body hanya 16.9 mm. Teknologi Nanoedge Display  memungkinkan layar 14 inch tampak seperti dimensi bodi 13 inch. Bezel yang hanya 3 mm, sangat tipis, menampilkan screen body to ratio hingga 92 %. 

Meskipun ringan, laptop ASUS Zenbook 14X OLED sudah mengantongi sertifikasistandar US Military Grade (MIL-STD 810H). Uji lolos ini terdiri dari beberapa tes diantaranya tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem. 

Laptop ini didesain dengan 180 derajat  ErgoLift Hinge sehingga bodi utama sedikit terangkat saat mengetik. Dengan  kondisi seperti itu, maka saya dan temen-temen yang berkutat  lama di depan laptop bisa menghabiskan waktu dengan tangan nyaman. 

Yuk, cek detail lebih lengkap di informasi dibawah ini : 

Main Spec.

Zenbook 14X OLED (UX5400)

CPU

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 10 Home

Memory

16GB LPDDR4X

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14″ (16:10) OLED 2.8K (2880×1800) 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio

ScreenPad™ 2.0 (FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel)

Graphics

Intel® Iris Xe Graphics,

NVIDIA® GeForce® MX450, 2GB GDDR6

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Camera

720p HD camera

Connectivity

Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

31.12 x 22.12 x 1.69 ~ 1.69 cm

Weight

1.4Kg

Colors

Lilac Mist, Pine Grey

Price

Rp23.999.000

Warranty

2 tahun garansi global

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) cocok banget buat pemilik toko online dan juga UMKM yang kini tumbuh kian menjamur. Kalo kamu bisa buat apa aja ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) ini? 

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com.” 

Sumber referensi : 

https://www.asus.com/Laptops/For-Home/Zenbook/Zenbook-14X-OLED-UX5400-11th-Gen-Intel

https://www.youtube.com/c/ASUS