Sukses Berjualan dengan Modal Kepercayaan

“Kuncinya adalah Kepercayaan,

“Modal utama seorang Pengusaha, adalah KEPERCAYAAN”

Jawaban yang diberikan oleh Bapak Chairul Tanjung saat ditanyakan kunci sukses dalam membangun kerajaan bisnisnya.

Kepercayaaan adalah modal utama bagi seorang dropshipper. Tanpa kepercayaan kepada seller, mustahil sebuah transaksi bisa terjadi. Bagaimana mungkin, tanpa rasa percaya,  kita mau transfer sejumlah uang kepada orang lain. Dengan modal kepercayaan dalam memulai bisnisnya, seorang pebisnis sukses seperti Chairul Tanjung bisa memimpin 100.000 karyawan. 

Kepercayaan ini mencakup banyak hal.

Yang pertama, percaya bahwa produk yang dijual adalah produk original, bukan abal-abal. 

Yang kedua, percaya bahwa sang seller adalah seorang yang amanah.  Amanah artinya adalah penjual yang jujur dan dapat dipercaya. 

Percaya bahwa seller akan mengirimkan produk sesuai dengan kriteria yang sudah disebutkan di deskripsi. Percaya bahwa seller akan mengirimkan produk dalam jangka waktu yang telah ditentukan, bukan malah mengulur-ulur waktu. 

Salah satu sistem jualan yang mengandalkan kepercayaan adalah dengan metode dropship. Metode dropship  ini mulai berkembang seiring dengan meningkatnya transaksi  belanja online.  

Keuntungan Metode Dropshipping

Beberapa keuntungan yang diperoleh dengan berjualan dengan metode dropshipping adalah sebagai berikut : 

  • Tanpa kewajiban menyetok barang 

Dropshipper, sebutan untuk orang yang melakukan penjualan sistem dropshipping. Dropshipper tidak perlu melakukan stock barang sebelum memulai jualan. Dropshipper hanya akan fokus melakukan optimasi pemasaran untuk meningkatkan omset  penjualan.

Saat ada order, dropshipper langsung meneruskan orderan tersebut ke pemasok atau supllier. Pemasok atau supllier yang akan memproses orderan tersebut. Supplier yang kemudian akan mengemas produk orderan, mengirimkan paket agar dikirimkan ke konsumen. 

  • Tanpa perlu modal awal

Dropshipper tidak harus mengeluarkan uang terlebih dulu sebelum memulai penjualan. Dropshipper sudah mulai bisa berjualan dengan modal foto produk dan deskripsi produk yang telah dibagikan oleh pihak supplier ke dropshipper. 

  • Tak perlu repot dengan pengemasan dan pengiriman barang

Dropshipper tidak perlu menghabiskan waktu untuk pengemasan dan pengiriman paket. Sesuai dengan yang sudah disebutkan diatas, dropshipper hanya perlu fokus optimasi penjualan produk. 

Produk – produk yang bisa dijual dengan sistem dropship beragam jenisnya.  Mulai dari produk fashion, hobi, kosmetik, elektronik, peralatan rumah dan banyak lainnya. 

Buat temen-temen yang tertarik dan mau langsung action jualan. Mangdropship bisa banget buat jadi partner dalam merintis kesuksesan di dunia bisnis. Mangdropship adalah salah satu website dropship yang punya banyak kelebihan. Salah satunya  bisa diakses 24 jam, punya banyak pilihan produk, dan seller yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Mangdropship adalah salah satu platform jual beli yang turut memberdayakan UMKM di Indonesia. Turut serta menjadi dropshipper di Mangdropship akan mendorong pertumbuhan perekonomian. 

Seller yang ada di Mangdropship adalah seller yang terpercaya. Jika terjadi pelanggaran, maka akan dikenakan sanksi langsung oleh pihak Mangdropship. 

Mangdropship memiliki ribuan produk yang bisa dijual kembali oleh dropshipper.  Dan setiap dropshipper akan mendapatkan fasilitas website toko secara gratis, yang memberikan nilai plus untuk toko dropshipper. 

Cara Menjadi Dropshipper Mangdropship

Secara umum cara menjadi dropshipper adalah sama. Tinggal menghubungi pihak admin Mangdropship, isi data yang diminta dan tunggu proses dari pihak admin hingga proses selesai. Simpel banget kan caranya. 🙂 

Sukses Berjualan dengan Metode Dropshipping

  • Kuasai deskripsi produk dengan baik 

Dropshipper  harus menguasai keunggulan produk yang dijualnya. Misalnya saja, jika dropshipper menjual produk fashion, maka sebaiknya menguasai karakteristik produk dari bahan yang digunakan. Selain menguasai keunggulan produk, dropshipper harus memahami size produk. Jadi, saat konsumen memiliki banyak pertanyaan, dropshipper mampu menjawab dengan baik. Pelayanan yang maksimal akan membantu meningkatkan penjualan dropshipper. 

  • Sebisa mungkin tidak menaikkan harga produk

Di era internet ini, informasi sangat mudah didapat. Tinggal ketik nama dan jenis produk di mesin pencarian, ribuan informasi produk muncul di halaman pencarian.  Informasi yang didapat sangat lengkap. Mulai dari karakteristik produk hingga harga produk. 

Calon konsumen bisa dengan mudah melakukan perbandingan antara beberapa produk. Komparasi yang dilakukan bisa mulai jenis bahan hingga harga produk yang sedang diinginkan. Jika dropshipper menaikkan harga produk terlalu tinggi, maka kemungkinan toko kita akan kehilangan potensi closing. 

Namun, ada juga karakter calon konsumen yang lebih percaya pada produk-produk dengan harga yang tinggi. Produk yang mahal menurut mereka lebih meyakinkan dalam hal kualitas. Jika telah menguasai hal ini, dropshipper bisa meraup keuntungan lebih banyak. 

 

  • Tetap update stok setiap waktu

Dropshipper harus bisa selalu update data stok produk. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi salah paham dengan pihak calon konsumen. Saat produk habis, dropshipper dengan serta merta bisa merubah status stok produk habis, atau tidak meng-uplot produk untuk dijual. Atau saat stok produk menipis, dropshipper bisa lebih updet stok saat proses  transaksi terjadi. 

  • Jangan berhenti untuk Upgrade Ilmu Jualan

Belajar itu sifatnya tiada henti. Sampai usia menua pun, kita diwajibkan untuk tidak berhenti membekali diri dengan ilmu tentang apapun. Khususnya jika mendedikasikan diri terjun ke dunia bisnis, upgrade ilmu jualan dari mana saja dan dari siapa saja adalah penting. Rahasianya untuk sukses adalah jangan berhenti untuk terus belajar dan belajar. 

  • Zaman Online, Tren Belanja Online Optimis Permintaan Meningkat

Sekarang bukannya zaman belanja secara tatap muka, kini telah beralih dengan belanja online. Dengan semakin meningkatnya keberadaan situ-situs penjualan online, kebutuhan masyarakat berbelanja online juga meninngkat dan semakin terpenuhi. 

Tren belanja online ini, kecenderungannya akan optimis terus meningkat. Merintis bisnis di Mangdropship menjadi salah satu solusi untuk menambah penghasilan. 

Merintis bisnis menjadi dropshipper bisa dilakukan oleh siapa saja dan  tanpa kenal usia. Yang penting adalah dua hal, mau berjualan dan mau konsisten. Jika sudah punya dua pegangan ini, insya Allah bisa sukses berjualan.

Selamat merintis bisnis teman-teman 🙂 . 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diselenggarakan oleh  Mangdropship Writing Competition.

Grafis : dnamora.com dengan bantuan aplikasi Canva