Pandemi sudah hampir dua tahun lamanya. Banyak yang berubah akibat dari meyebarnya virus Corona di seluruh dunia. Kewajiban memakai masker, peraturan pemerintah untuk berada di rumah saja serta pembatasan lainnya. 

Dulu yang biasanya buka toko dan pembeli datang menghampiri, kini sudah perlahan berganti. Pembeli bisa dengan mudah menghampiri toko atau penjual hanya dengan lewat scroll-scroll di layar handphone sambil buka aplikasi belanja. Tak perlu berpanas-panasan atau bermacet-macet ria di tengah jalan, tinggal tunggu satu atau dua hari, abang kurir dengan senang hati mengantarkan paket belanja atau barang yang sudah diorder online. 

Di sisi lain, pihak penjual atau toko online jungkir balik untuk mencari strategi apa yang cocok dipakai agar bisa terus meningkatkan omset penjualan. Mulai dari posting yang sifatnya original, foto real produk, video  proses pengiriman barang, foto proses packaging, hingga review produk secara live atau offline

Pada awalnya, toko online yang memuat foto atau video demikian menjadi panutan. Dan kini setelah sekian lama, menjadi hal yang lumrah diantara sesama toko online. 

Jumlah penjual online yang saat ini terbilang tidak sedikit membentuk persaingan sehat. Persaingan ini selain dari hal pelayanan ke customer, tentunya diawali oleh banyak faktor. Diantara yg paling krusial dalah : konten. Petuah Content is a King, bener adanya.  Konten bagaimana yang menarik atau  sesuai dengan follower toko online kita tentunya akan berbeda dengan toko online yang lainnya.

Berkutat di dunia online shop selama kurang lebih dua tahun, saya meyakini pasti akan ada sisi unik dari setiap toko online. Sisi yang akan membuat customer kita loyal dan royal untuk terus berbelanja di toko online kita. 

Analisis Strategi di Media Sosial

Mengira-ngira, menerka, meramalkan, itulah yang saya dan banyak pemilik toko online lakukan saat posting foto jualan di seluruh media sosial. Menawarkan produk dengan berbagai angle yang berbeda dengan harapan menangkap mata konsumen dan menggerakkan hati dan tangannya untuk segera order di toko online yang kita kelola.

Setiap orang pasti enggan untuk terus ‘dijuali’. That’s why, seorang pemilik online shop atau yang sedang merintis bisnis UMKM harus meng-upgrade diri dengan ilmu atau tools yang bisa digunakan untuk membantu proses bisnisnya. 

Insight dari Media Sosial

Selalu harap-harap cemas dengan insight dari setiap postingan yang sudah dibagikan.  Saya biasanya me-review insight feed post toko online saya di instagram setiap minggunya. 

Sebagai contoh, foto baju diatas adalah foto produk yang saya jual dan saya posting tiga hari yang lalu. Jika dilihat insight yang diberikan instagram sendiri, jangkauan postingannya hanya mencapai 393 orang, dan 36 % nya bukan merupakan follower saya. Impresi dari foto tersebut sebesar 417, angka yang cukup lumayan buat toko saya, dan Alhamdulillah  mendapatkan dua follower baru. 

Impresi yang saya peroleh dari hashtag adalah sebesar 48. Namun saya tidak mendapatkan informasi hashtag apa yang menyumbangkan poin terbesar untuk toko online saya. Inilah yang saya sebutkan dengan menerka-nerka saja. Pernah juga menginstal aplikasi hahstag, tapi menurut saya tidak terlalu membantu, aplikasi tersebut terkesan hanya mengumpulkan jumlah hashtag yang akan saya pakai, namun tidak ada data analisis di dalamnya. 

Tools Toba.AI

Toba.AI adalah teknologi untuk riset media sosial yang dilahirkan oleh Widya Analytic. Kabarnya Toba.AI dapat memberikan analisis riset strategi yang lebih lengkap. Yuk kita ulik.

Toba.AI dapat dengan mudah mengukur, menganalis, dan merekomendasikan strategi konten apa yang baik untuk akun instagram bisnis yang kita kelola. 

Kelebihan dari tools ini adalah :

1. Lebih Mudah dalam Monitoring Audience

Dengan menggunakan tools Toba.AI pemilik toko online atau UMKM akan menjadi lebih mudah dalam memantau pengunjung toko. Dengan bekal tools ini , pembuat konten akan lebih mudah menganalisis jenis konten yang disukai oleh audience

2. Lebih Ringkas dalam Tampilan Insight Media Sosial

Respon like, komentar, reach, dan impression di tools Toba.AI ini bisa dapat dilihat dalam satu tampilan. Hal ini tentu baik bagi kita dalam hal membuat kesimpulan dan mengambil keputusan.

3. Lebih Mudah Cek Kompetitor

Dengan tools Toba.AI , kita bisa mengecek konten kompetitor dan menerapkannya kembali di toko online kita untuk bisa mendapatkan jangkauan yang lebih luas. 

4. Optimasi Hashtag yang sesuai

Dalam kasus yang saya alami, toko online saya dapat impresi yang bagus dari hashtag, namun saya minim data, hashtag apa saja yang harus terus saya optimasi. Dengan tools ini, maka saya akan mendapatkan data hashtag yang paling berpengaruh bagi toko online saya. 

5. Dapat Informasi Waktu Follower Aktif

Prime time yang biasanya saya lakukan untuk posting adalah waktu pagi sekitar jam 7-8 pagi,  jam istirahat siang, dan saat rebahan di malam hari sekitar jam 20-21 malam. Toba.AI akan secara gamblang menunjukkan waktu followermu aktif, bukan memakai jam posting secara umum, namun sesuai dengan kebutuhan toko onlinemu. Wah, mantap ya!. 

tools media

Toba.AI pada awalnya diaplikasikan di platform twitter dan instagram, di tahun ini akan berlanjut ke aplikasi Tik Tok yang sedang ramai digunakan.

Teknologi Widya Analytic

Transformasi digital secara ringkas adalah penerapan teknologi  digital yang dilakukan di pemerintahan, perusahaan, atau  institusi dalam proses pengolahan data  sumber daya manusia, proses bisnis, strategi, dan  struktur dengan tujuan untuk peningkatan kinerja. 

produk lain yang merupakan teknologi yang dihasilkan Widya Analytic ini adalah TobaDATA, TobaAIgo, TobaApps, dan TobaLabs. 

 

toba data

Jika flashback ke saat  penelitian skripsi dulu, saya merasakan betapa susahnya dalam hal mengolah dan menganalisis data mentah yang ada. Setelah dimasukkan ke dalam tools pun, harus berhati-hati dalam hal memilah dan memroses data sehingga tidak salah dalam hal menerjemahkan hasil penelitian. 

Beberapa tools dari Widya Teknologi, khususnya TobaData akan sangat membantu para peneliti, akademisi, dan mahasiswa yang sedang berjuang dalam mengolah dan menerjemahkan data. 

Toba Data akan mengolah data menggunakan machine learning dan Artificial Intelligence dan merubahnya sesuai dengan permintaan atau kebutuhan klien. Tools ini akan sangat cocok bagi peneliti, dosen, akademisi, mahasiswa, dan pengusaha. Untuk memperoleh manfaat dari tools ini, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp. 20 per data.
Info lebih lanjut langsung kunjungi TobaData ya😊

TobaLabs, TobaData, TobaAIgo, Toba Apps adalah beberapa jenis tools yang bisa menjadi pilihan bagi pemerintah, perusahaan, akademisi untuk mengolah data dengan tujuan meningkatkan produktifitas di pihak yang bersangkutan.

Big data is a new oil akan benar-benar terjemahkan dengan tools ini. Takkan ada kata menyerah atau lainnya saat penelitian atau pemrosesan data berkat layanan jasa dari Widya Technology. Data yang diproses akan lebih aman, dan akan dapat menunjang peningkatan produktifitas serta pelayanan di bisnis UMKM yang sedang digeluti. 

Jika ingin info lebih lanjut, silahkan langsung konsultasikan data yang Anda miliki dan proses pengolahan data yang bagaimana Anda inginkan ke Widya Analytic

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Wdya Analytic 2022

lomba blog widya

Sumber referensi : 

https://toba.ai/

https://widyaanalytic.com/