Tingkatkan Produktifitas Dengan Menerapkan Germas

Rasanya, tak bosan-bosan saya mengajak suami untuk berolahraga di setiap akhir pekan. Setahun setelah menikah, suami saya mulai menunjukkan indikator kemakmuran. Ukuran tubuhnya semakin bertambah. Celana kerja sudah minta untuk dinaikkan size-nya. Berat badannya hampir menyentuh angka sembilan.  Istri yang tak bisa masak seperti saya, ternyata bisa menaikkan berat badan suami. Saya bahagia.  Namun dibalik kebahagiaan itu, saya seharusnya sadar. Kebahagiaan yang saya rasakan harus bercampur khawatir. Dengan kondisi berat badan suami, saya harus mulai ‘mengerem’ pemilihan makanan yang kaya lemak, dan menggantinya menjadi makanan kaya serat. Meminimalisir konsumsi junk food saat weekend. Dan ajakan untuk banyak bergerak atau berolahraga di saat weekend. Saya terbayang beberapa penyakit bawaan akibat berat badan yang berlebih. 

Gaya Hidup Tak Sehat dan Stress Pekerjaan

Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi kenaikan berat badannya adalah resiko pekerjaan. Berpindah ke beberapa tempat meeting bertemu klien, hal yang biasanya selalu diselingi dengan makan dan minum. Tak heran, ajakan makan atau ngopi di kafe ‘berkontribusi’ besar terhadap tidak beraturannya jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Indeks massa tubuh semakin cepat mengalami peningkatan. Jam makan yang tidak teratur, juga turut mempengaruhi. Karena terkadang Pak Suami melewatkan jadwal makan malam yang sebaiknya pukul 6 atau pukul 7 malam, digeser ke pukul 10 atau 11 malam, karena tuntutan untuk menyelesaikan pekerjaan.  Selain mengkhawatirkan masalah indeks tubuh yang sudah tidak ideal, permasalahannya ditambah lagi. Tingkat stres dalam mengejar target pekerjaan, menjadi salah satu pemicu suami mengalami hipertensi. Makan banyak ditambah pula dengan kopi. Jangan ditanya, untuk makanan manis atau gorengan yang selalu mengundang selera. Gaya hidup yang tak sehat  ditambah resiko pekerjaan, jadi dua peer kami saat ini.  Suatu hari, suami saya jatuh sakit. Rasanya campur aduk usai Dokter menerangkan hasil diagnosanya. Tekanan darahnya tinggi, 135/95. Sekujur tubuhnya mengeluarkan keringat dingin. Saya sangat kebingungan. Suami minta diperiksakan ke Dokter saja, karena merasa ada yang tidak baik pada tubuhnya.  “Hati-hati, coba kendalikan stres pekerjaan, khawatir dengan kondisi jantung kalo sudah begini, nasehat Pak Dokter”. Mendengar hal tersebut saya sedih, prihatin dengan kondisi suami. Umur masih kepala tiga. Baru satu tahun hidup bersama. Namun, saya harus menguatkan tekad, untuk terus mengingatkan suami. Belajar menerapkan gaya hidup sehat dan cerdas mengendalikan stres pekerjaan. Kondisi yang tidak fit untuk bekerja, menyebabkan produktifitas bekerja turun. Suami harus izin tidak masuk kantor, istirahat dulu di rumah dalam masa pengobatan.   Poin produktifitas menjadi hal penting dalam melihat performa seorang karyawan. Karena produktifitas akan berbanding lurus dengan pencapaian target kerja. Bagi perusahaan, tercapainya target kerja adalah hal yang penting agar perusahaan bisa berjalan dengan baik.  Sebagai seorang istri, saya punya tanggungjawab untuk menjadi manajer yang baik dalam pengelolaan seluruh kegiatan rumah tangga, termasuk menjaga kesehatan keluarga. Salah satunya adalah dengan berusaha menerapkan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

Germas adalah program yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan sejak tahun 2017. Program ini berisi 6 ajakan untuk dilakukan bersama-sama oleh seluruh masyarakat Indonesia. Enam ajakan tersebut adalah peningkatan aktifitas fisik, peningkatan prilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, penigkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, dan peningkatan edukasi hidup sehat. Untuk saat ini, pemerintah leboh fokus untuk meningkatkan 3 hal yaitu : Melakukan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, dan memeriksa kesehatan secara berkala. Yuk, kenali lebih banyak 🙂

1. Bakar Kalori Dengan Melakukan Aktifitas Fisik

Salah satu hal yang sebenarnya sangat mudah dilakukan setiap harinya. Yaitu hanya dengan menyisihkan waktu selama 30 menit setiap harinya dalam melakukan olah tubuh. Namun, sangat mudah juga bagi kita memberikan ‘excuse’ karena alasan kesibukan yang padat. Tiga puluh menit untuk olahraga dari 24 jam yang kita miliki. 30 menit melakukan aktifitas fisik punya fungsi paripurna bagi kesehatan. Aktifitas fisik ini berarti menggerakkan tubuh atau olah tubuh untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh.  Aktifitas fisik tidak hanya berhubungan dengan olahraga saja. Tapi menyangkut dengan seluruh kegiatan yang menggerakkan tubuh. Aktfitas fisik tidak hanya dilakukan di tempat gymnasium saja. Bisa dilakukan di lapangan, di sekolah, di halaman rumah, di area dalam rumah, juga bisa di kolam renang. Aktifitas fisik hanya butuh ruang gerak yang cukup. Setelah itu, kita yang menggerakkan tubuh. 

Contoh aktifitas dan jumlah kalori yang dibakar :

Peran aktifitas fisik bagi tubuh :

1. Membakar kalori dalam tubuh 2. Menghilangkan stres fikiran dan tubuh 3. Mengurangi kelebihan berat badan 

Berikut beberapa contoh aktifitas fisik yang bisa dilakukan :

aktifitas fisik dengan berenang
Berenang, tidak hanya disukai anak-anak. Orang dewasa juga banyak yang menyukainya.
olahraga sebagai aktifitas fisik
Berolahraga di taman dekat rumah
olahraga
Olahraga sejak dini, agar penyakit tidak datang menyerang.
Berikut beberapa aktifitas lainnya yang bisa dilakukan :  1. Melakukan peregangan setelah beberapa jam bekerja 2. Melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, cuci piring, cuci pakaian, bermain bersama anak 3. Menggunakan tangga dibandingkan memakai lift  4. Menggunakan sepeda ke tempat kerja 5. Memperbanyak kegiatan di tempat terbuka 6. Memilih untuk berjalan jika tempat tujuan tidak begitu jauh 7. Menyempatkan waktu untuk melakukan senam setiap harinya

2. Penuhi Kebutuhan Serat Dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Serat, lagi-lagi serat, kebutuhan tubuh yang sering kita lupakan. Padahal serat punya fungsi yang tidak tergantikan oleh zat gizi lain seperti protein, dan lemak. Serat terbagi dua, ada yang larut air dan ada yang tidak bisa larut air. Kedua jenis serat ini memiliki fungsinya masing-masing. Serat tak larut air Ciri-ciri serat tak larut air : 
  • Waktu transit lebih cepat di dalam usus
  • Berfungsi untuk menyerap air dan meningkatkan volume feses
  • Sangat baik untuk mencegah penyakit kanker kolon (usus besar) 
Sumber makanan serat tak larut air antara lain :  kacang-kacangan, gandum, apel, umbi, oat, singkong, ubi jalar,  Serat larut air Ciri-ciri serat larut air : 
  • Waktu transit lebih lama di dalam usus
  • Berfungsi untuk mengikat kolesterol dan asam empedu
  • Sangat baik untuk banyak dikonsumsi oleh penderita jantung, diabetes, hipertensi 
Sumber makanan serat larut air antara lain : apel, jeruk, strawberi, sayuran masak, gandum, polong-polongan, havermouth, dan wijen

3. Cek Kesehatan Secara Berkala

Cek kesehatan ini penting dilakukan, agar kesehatan kita terpantau dengan baik. Jangan sampai udah sakit parah dulu, baru mau memeriksakan diri ke dokter.  Ada 5 hal penting yang perlu kita lakukan dalam upaya cek kesehatan: 

1. Cek Kolesterol

Penyakit yang disebabkan oleh kolesterol antara lain adalaj serangan jantung dan stroke.  Kadar kolesterol dalam tubuh dikatakan normal jika dibawah level 200 mg/dL. Selain itu, tekanan darah normal adalah sebesar 120/80. 

2. Cek Gula Darah

Gula darah ini disebabkan tingginya kadar gula di dalam darah. Kadar gula darah normal adalah sekitar 70-100 mg/dl. Kadar gula darah untuk pasien diabetes sekitar 126 mg/dl. 

3. Cek Fungsi Paru

Paru-paru sebagai organ pernafasan, sangat memiliki peran penting. Kita gak bisa lupa untuk bernafas. Pada saat pingsan atau tidak sadarkan diri, kita masih wajib bernafas. Untuk usia dewasa, setiap dalam 1 menit akan bernafas sebanyak 16-20 menit. 

4. Cek Tekanan Darah

Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah 140/90 mmHg. Tekanan darah yang tinggi  ( hipertensi) adalah masalah. Potensi penyakit hipertensi , stroke, dan jantung ada di dalam tubuh. Begitu juga sebaliknya, jika tekanan darah rendah (hipotensi) juga perlu dilakukan treatment pengobatan. 

5. Cek berat badan

Pemeriksaan terhadap berat badan, termasuk pemeriksaan yang tergolong gampang dilakukan secara pribadi. Tinggal beli timbangan di rumah. Dan kamu bisa mengecek apakah berat badanmu mengalami kenaikan yang tergolong ideal atau tidak. Indeks massa tubuh (IMT)-mu harus diperhatikan jika telah melewati angka 25 ke atas (gemuk), dan angka 30 (obesitas). NIlai IMT bisa diketahui dengan Berat badan dibagi dengan nilai kuadrat dari tinggi badan. Perlu diingat tinggi badannya diukur dalam satuan meter ya.  Dari tiga kegiatan diatas, udah banyak banget pilihan yang bisa kita lakukan. Hal ini juga yang termasuk jadi peer saya dan suami untuk menerapkan germas jadi kebiasaan yang kita lakukan dalam sehari-hari.  Selamat Menerapkan Germas Sahabat 🙂  Salam Sehat. 

  1. http://www.akucantikkk.com/ :

    sakit selain penyebabnya karena salah pola makan juga karena kurang gerak emang bener banget mbak, saya misalnya kalau lagi mau flu saya paksakan lari2 disekitar rumah malah ga jadi flu. Kebetulan keseharian saya emang duduk depan laptop aja.

  2. winda - dajourneys.com :

    ini postingan yang sangat bermanfaat mbak, mengingatkan saya untuk selalu mengecek kesehatan saya dan suami 🙂 TFS

  3. https://www.talkativetya.com :

    Duuh ngeliat kolam renang aku auto kepingin nyebur mbak. Udah lama banget nggak berenang nih. Iya aku juga ngerasa badan mulai nggak fit karena kurang olahraga dan berat badan juga bertambah. Kayanya memang harus mulai dari sekarang ya menerapkan gaya hidup sehat.

  4. https://www.molzania.com :

    asik ya udah ada panduan dari germas. tubuh jadi makin fit dan sehat. sehat itu memang mahal. baiknya dijaga dan dirawat.

  5. Www.faridazp.info :

    Udah dibikin simpel banget ya, langkah2nya. Moga bisa konsisten dan disiplin menerapkan. Biar benar2 bisa merasakan enaknya hidup sehat.

  6. https://www.andiyaniachmad.com :

    Makasi mba buat remindernya, emang paling penting itu cek kesehatan secara berkala ya, biar tahu apa yang harus diobati dan dijaga kesehatannya

  7. Wah ini sih menarik bgt. Makasih udh sharing.. info nya bermanfaat dan reminder jg buat selalu jaga kesehatan.

  8. https://kata-artha.com :

    sebenarnya untuk ukuran 135/95 bukan termasuk tekanan darah tinggi yg tinggi sekali, sih. bagi yg biasanya 110, memang benar bisa naik karena stress. butuh jalan2, kak. hehe.

  9. https://www.torichux3.com :

    Informatif bgt nih post nya mba. Kayaknya ak jg harus nerapin germas jg nih haha soalnya sudah mulai stres sama kerjaan haha.

  10. www.uniqueblogofmei.com :

    Wah! Tips nya bermanfaat sekali kak! Setujuu banget kita kudu wajib rajin olahraga, konsumsi buah-buahan, dan cek kesehatan secara berkala.. Thanks for sharing^^

  11. https://www.beautyasti1.com/ :

    Semangat!! Ku lagi menerapkan hidup sehat walau jarang olahraga, tapi nasi sebisa mugkin ganti ke oatmeal dan makan sayur dan buah buah an 🙂

  12. https://www.bundabiya.com/ :

    Tertohok dengan postinganmu mbaa.. aku sama suami juga berusaha menerapkan ini tapi belum sepenuhnya konsisten. Apalagi kalo urusan makanan, keluarga besar di rumah termasuk pemakan besar siih haha jadi suka kepengaruuh

  13. https://www.niaharyanto.com :

    Hidup di zaman sekarang memang ancaman untuk kena sakit gampang banget ya. Kalo gak nerapin gaya hidup sehat, udah deh, gak fit tiap hari. Semoga dengan adanya program Germas dari pemerintah, semua orang semakin aware dengan pentingnya hidup sehat.

  14. https://indahjulianti.com/ :

    Di Yogyakarta itu lagi getol-getolnya Germas ini, dan ku pernah ikutan workshopnya.
    Walau belum konsisten, tapi aku dan keluarga berusaha untuk hidup lebih sehat, karena udah ngerasain juga bagaimana tidak sehat itu bikin hidup nggak nyaman.

  15. https://www.glowlicious.me/ :

    Aku juga lagi bergumul nih mba untuk bisa tetep menjaga pola hidup sehat, olahraga renang minimal 3 kali seminggu ini baru berjalan 1 minggu 2 hari bolos wkwkkw

  16. Http://www.wendaariwenda.com :

    Saya sendiri masih belum peduli sama kesehatan dan bagaimana menjaga kondisi tubuh yang baik, makan masih nggak teratur, olahraga juga males banget heh

  17. https://www.grandysofia.com :

    aku sekarang lagi rutin minum infused water dan belajar pake menu JSR itu. Plus setiap hari 30 menit buat aktivitas fisik, pake sepeda statis atau sit up hehe. karena aku naik BB sehabis nikah 10 kg, sad 🙁

  18. https://www.rajnikala.com :

    Kalo aktivitas fisik aku lebih suka work out di rumah, mbak. Kalo nggak gitu ya ngedance ala-ala blackpink gitu. Lumayan bisa memproduksi keringat banyak banget tuhhhhh. Wkwkwkwk

  19. www.mayarumi.com :

    tahun ini lagi agak malas gerak nih, tapi karena lagi hamil sih, mager bawaanya, tapi biasanya sih aq emang tiap minggu itu rutin untuk olahraga dikantor sama temen-temen, tapi selama hamil ini jadi rajin makan buah sama sayur… nah cek kesehatan berkala nih yang masih kurang, tapi biasanya sih sekalian cek up baby juga sekalian cek kesehatan, thanks for remindernya mbak


Your email address will not be published. Required fields are marked *