Masyarakat Adat si Penjaga Bumi

Yuk Turut Menjaga Masyarakat Adat si ''Penjaga Bumi''

Saat hari berganti pagi, kita masing-masing sibuk melakukan beragam pekerjaan. Setiap kita berpacu dengan waktu,  mengejar target  agar segera bisa  mewujudkan  segala cita dan asa. Bahkan saking dan teramat sibuknya, kita sering melewatkan hari dengan lupa bersyukur atas nikmat udara yang masih tersedia bebas di bumi. Kita sering lupa berterimakasih pada ketersediaan air yang melimpah. Betapa berharganya nikmat bisa menulis dan berkarya serta mendapatkan rezeki hanya dengan menghabiskan waktu di kamar yang nyaman. Fabiayyi ála i robbika tukadzdziban. Maka nikmat Tuhan-Mu yang manakah yang kamu dustakan?, Allah Sang Maha  Pencipta menyindir kita dengan halus. 

 

Semua yang hidup di bumi, memiliki maksud dan tujuan penciptaan. Manusia  diciptakan untuk menjadi khalifah, seorang pemimpin.  Seorang pemimpin yang baik, baiknya punya kemampuan dalam menjaga apa yang telah diamanahkan. Bumi dan segala isinya diciptakan dalam kehidupan kita untuk memenuhi kebutuhan manusia selama hidup. Dan sebaliknya, pemanfaatan bumi dan segala hasilnya sudah menjadi tanggungjawab kita sebagai pemimpin di bumi. Dan pada masanya nanti tiba, kita akan dimintai pertanggungjawaban semua hal yang melekat pada diri. Contoh kecilnya saja adalah soal pemanfaatan waktu. Masing-masing kita punya waktu 24 jam setiap harinya. Kita punya kendali penuh dalam hal apa saja yang kita lakukan dalam  menghabiskan waktu 24 jam. 

Kontemplasi Sejenak Yuk?!

Menghargai waktu berarti sama dengan dengan menghargai semua yang ada di sekeliling kita, termasuk bumi, hewan, tumbuhan, hutan, dan tentunya orang-orang tersayang.  Pasangan, keluarga, waktu, air, udara, dan seluruh isi alam adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta.   Jaga dan sayangilah orang-orang terdekat kita, karena masing-masing punya umur dan waktu kebersamaan yang berbeda-beda. Waktu luang hari ini akan sangat berharga saat kita butuh tambahan waktu memenuhi deadline pekerjaan. Air yang kita gunakan dan habiskan tidak sama jumlah dan  kualitasnya setiap hari. Oksigen yang dapat dihirup dengan bebas akan berbeda harganya saat sudah berada di dalam tabung gas. Begitu juga dengan seluruh alam dan segala isinya, punya hak untuk dihargai dan dijaga dengan baik. 

Selama ini, banyak waktu yang kita habiskan dengan egois untuk memenuhi hasrat dan keinginan kita saja. Yuk, mulai sekarang kita lebih ”aware” terhadap hak-hak yang harus kita penuhi untuk yang ada di sekeliling kita, khususnya dalam upaya menjaga bumi. 

Mengenal Hutan Indonesia Lebih Dekat

deforestasi

Setelah Brazil dan Kongo, hutan Indonesia berada di urutan ketiga yang berperan sebagai paru-paru dunia. Paru-paru memiliki peran sebagai pengatur dan pemisah udara yang masuk ke dalam tubuh. Paru-paru memiliki peranan yang sangat penting agar kita dapat bernafas dengan memanfaatkan oksigen. Pemisahan gas karbondioksida dari udara dapat berjalan dengan baik dalam paru-paru. Paru – paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh. Jika alat pernafasan ini terganggu, maka penyakit seperti bronkitis, pneumonia, asma dan tuberclosis akan menjangkiti tubuh. Akibatnya, semua aktifitas kita akan terganggu. Sama halnya dengan hutan yang merupakan alat pernafasan bagi bumi. Jika hutan terganggu maka makhluk hidup yang ikut hidup di dalamnya juga akan turut serta mengalami gangguan. 

Ekologi  yang mendiami atau berada di sekitar hutan akan terganggu keseimbangannya saat hutan rusak. Masih segar dalam ingatan, berita kebakaran hutan yang terjadi di Provinsi Sumatera  dan  Kalimantan. Kabut putih menutupi langit  efek kepulan asap dari kebakaran hutan. Tak hanya hewan-hewan dan pohon-pohon yang ‘sakit’. Jutaan manusia  sangat terganggu karena asap yang ditimbulkan.  Paru-paru dalam butuh kerja keras ekstra dalam memilah udara. Tak heran banyak yang mengalami gangguan pernafasan dan sampai meninggal dunia. Ironi sekali bukan?  Padahal hutan Indonesia terkenal dengan segala keunggulan dan kekayaan yang ada di dalamnya. 

Hutan Indonesia merupakan penyuplai hampir sepertiga kebutuhan oksigen dunia.  Hutan Indonesia adalah hujan tropis.  Kondisi hutan yang memiliki kelembaban tinggi menjadi tempat yang nyaman bagi pohon dan hewan untuk tinggal. Hampir setengah spesies jenis hewan dan tumbuhan bisa hidup di seluruh Indonesia. Hutan Indonesia merupakan tempat farmasi terbesar di dunia. Hampir seperempat jenis obat modern berasal dari hutan Indonesia. Hutan Indonesia adalah tempat penyimpan ratusan milyar karbon yang ada di dunia. Hutan berfungsi sebagai pelindung dari kekeringan dan banjir. Hutan juga berperan besar dalam mempengaruhi pola curah hujan.

Menjaga Masyarakat Adat si ''Penjaga Bumi"

Hutan Indonesia dengan banyak keunggulannya selama ini dijaga oleh masyarakat adat. Secara definitif berdasarkan website rumah.aman,  masyarakat adat adalah  sekumpulan orang yang memiliki sejarah asal usul yang menempati wilayah adat secara turun temurun. Masyarakat adat memiliki hak atas empat hal, yaitu : identitas budaya, sistem nilai dan pengetahuan, wilayah adat, dan kelenbagaan adat. 

Yang terjadi selama ini, hak masyarakat adat masih belum terpenuhi secara utuh. Dari sisi internal dan eksternal, masyarakat adat memiliki ragam tantangan. Perampasan wilayah adat, kerusakan hutan, kebakaran hutan, dan pelecehan terhadap ritual adat menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh masyarakat adat.

Banyak kasus yang terjadi namun memiliki penyelesaian yang menguntungkan masyarakat adat. Konflik yang terjadi di masyarakat adat bisa bersinggungan dengan pemerintah atau perusahaan swasta. Beberapa penyebabnya adalah pengakuan pemerintah atas hak ulayat masih rendah, pengabaian hak masyarakat adat dalam proses penetapan fungsi lahan, pemerintah memiliki kecenderungan berpihak pada investor, dan putusan Mahkamah Kontitusi terkait pengakuan hutan adat belum dijalankan.  dampaknya 

Dampak yang terjadi atas pengakuan yang belum mendapat putusan sah dari pemerintah antara lain masyarakat adat mengalami kehilangan tempat tinggal, kehilangan lahan pertanian, pembayaran denda jutaan rupiah, hingga mengalami  hukuman penjara bulanan sampai tahunan. Hal tersebut dialami oleh masyarakat adat karena Undang-Undang Masyarakat Adat yang belum disahkan oleh pemerintah. 

masyarakat adat dan konflik

Masyarakat adat yang beragam dari ujung Sumatera hingga Papua adalah bagian  rakyat Indonesia. Masyarakat adat ini lah  yang telah menjadi penjaga  bumi. Penjaga bumi yang selama ini kita hirup jasa-jasanya dalam setiap helaan oksigen.  Turut menggaungkan agar pemerintah segera mensahkan Undang Undang terkait masyarakat adat adalah salah satu bentuk syukur dan terima kasih terbaik kita dalam rangka menjaga Penjaga Bumi. 

Referensi : 

katadata.co.id/padjar/infografik/60176fce4fa52/masyarakat-adat-dan-konflik

www.qualitasertifikasi.com/kawasan-hutan-hujan-tropis-indonesia-dan-ancaman-yang-mengintai

lindungihutan.com/blog/hutan-hujan-tropis-ciri-ciri-dan-manfaat/

Sumber gambar : 
www.goodnewsfromindonesia.id/2018/01/12/bagaimana-hutan-indonesia-sebagai-paru-paru-dunia-di-masa-depan

theconversation.com/janji-pemerintah-untuk-melindungi-hak-masyarakat-adat-belum-terwujud-2-hal-yang-perlu-dilakukan-128547

www.kompasiana.com/nurulfirmansyah4512/5bb73b0c677ffb43b32e6798/di-balik-konflik-agraria-terkait-masyarakat-adat

  1. https://www.dianrestuagustina.com/2022/08/emas-perhiasan-vs-emas-batangan.html :

    Salut dan hormat untuk samua anggota msyarakat adat yang beragam dari ujung Sumatera hingga Papua yang telah menjadi penjaga bumi Nusantara tercinta. Berkat mereka bumi lestari, maka wajib jika kita yang berada di luarnya ikut peduli pada kondisi bumi ini

  2. https://www.nyiomas.xyz/ :

    happy banget bacanya

    terlebih sekarang semakin banyak tulisan tentang hutan

    karena banyak banget yang gak peduli keberadaan hutan

    mereka lupa, bahwa mereka bisa hidup sehat berkat keberadaan hutan

  3. https://www.annisakih.com :

    Generasi muda kita harus banyak belajar dengan Masyarakat Adat. Bagaimana mereka hidup dengan harmonis berdampingan dengan alam.
    Soalnya Saya sendiri diusia segini masih kerap ngerasa kurang memberi sumbangsih dalam pelestarian bumi

  4. Sedihnya mereka sering kalah kalau sudah berhadapan dengan cukong2 atau petinggi2 yang mau bikin kebun raksasa di hutan yang udah mereka jaga.

    Saya juga suka gemess kalau ada tebang2 hutan kek sekarang ya tebang hutan hanya untuk bikin apot foto. Yaaelaa….
    Ramenya setahun doang. Abis itu sepii dan mangkrak. Bukannya ditanam kembali…

  5. www.anekaresma.com :

    Yap benar! Lestarinya bumi dan hutan kita tak lepas berkat campur tangan masyarakat adat yang menjaganya. Maka sudah sepatutnyalah kita menjaga masyarakat adat dan memenuhi hak-haknya.

  6. Www.sandraartsense.com :

    Sejak sering bacain buku buat anak, jadi makin sadar harus mengedukasi tentang pentingnya kelestarian lingkungan apalagi jika ada masyarakat adat yang melindungi hutan ya kak semoga semakin baik lagi semuanya

  7. https://eureka-pedia.my.id :

    Menjaga ekologi salah satunya menjaga kelestarian hutan menjadi perhatian semua pihak pemerintah, masyarakat.

  8. https://www.travelerien.com/ :

    Beberapa tahun silam saya pergi ke desa terpencil suku badui dalam, di Banten. Saya tinggal semalam di sana, di dalam hutan yang sepi. Di tengah masyarakat adat yang menjaga tradisi untuk mengabaikan kemajuan peradaban. Mereka tidak makan makanan buatan pabrik, tidak pakai baju buatan pabrik, tidak pakai listrik dan barang eletronik, tidak pakai alat transportasi modern, dan lainnya. Hanya makan apa yang tersedia di alam, atau bercocok tanam dan makan apa yang mereka tanam. Tak ada sampah plastik, tak pula menebang hutan. Meski butuh lahan untuk berkebun. Saya tidak tahu apa sekarang sudah berubah, atau masih ketat menjaga bumi yang mereka pijak. Tapi saya kagum, tradisi dan adat yang mereka pegang, ternyata untuk kelestarian alam. Walau di sisi lain, manusia harusnya berubah “lebih maju” tapi maju yang gimana dulu, apakah mengorbankan lingkungan dan kebiasaan hidup sederhana dari alam itu?

    Tulisan ini membuat saya banyak berkomentar 😀
    Maafkan.

  9. www.reyneraea.com :

    Bener banget nih, masyarakat adat ini paling berjasa menjaga alam, karena mereka masih memegang teguh kebiasaan dari leluhur yang hidup berdampingan dan mencintai alam serta hutan.
    Senang deh kalau ada yang lebih peduli kepada masyarakat adat yang begitu berjasa pada alam

  10. Https://www.doktertaura.com :

    Sebenarnya pelestarian hutan itu tanggung jawab siapa?
    Menurutku, pemerintah menjadi peran utama dalam pelestarian hutan. Apalagi hutan Indonesia adalah paru-paru bumi.
    Bersyukur ada masyarakat adat yang dengan kesadaran tinggi menjadi penjaga hutan.
    Btw, jadi pingin healing ke hutan nih…

  11. https://www.deevacollection.com :

    Masyaralat adat adalah kelompok yang perlu diperhstikan. Mereka kelompok yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Menggunakan hasil hutan seperlunya dan menanami kembali.

  12. www.gemaulani.com :

    Keren ya kak, hutan Indonesia merupakan urutan ketiga paru-paru dunia. Sedih banget baca masyarakat adat mengalami kehilangan tempat tinggal, lahan pertanian, kena denda jutaan, dan mengalami hukuman penjara. Padahal mereka yang berperan menjaga kelestarian hutan 🙁

  13. https://www.lendyagassi.com/ :

    Yang selama ini cuma memahami hanya sampai tanggunjawab kita untuk berganti eco lifestyle, kini menjadi tahu bahwa ada masyarakat adat yang sangat menjaga hutan kita, hutan Indonesia, warisan untuk anak bangsa dan kelangsungan hidup manusia.

  14. www.narasilia.com :

    Kita semua butuh oksigen yang bersih ya, perlu banget dijaga kelestarian hutan dan lingkungan, di rumah pun kami tanam pohon buah supaya gak panas banget suasana rumah

  15. https://www.wairaa.my.id/ :

    besar banget yaa jasa para masyarakat adat ini. Gak kebayang kalo hutan gak dijaga kelestariannya, bumi akan rusak udara yang kita hirup pun belum tentu bersih seperti saat ini

  16. https://www.adeanita.com :

    tetap dibutuhkan perhatian dari pemangku kekuasaan sih untuk melihat pentingnya masalah ini. Karena ijin itu kan diberikan oleh pemangku kekuasaan.

  17. Masyarakat adat kiranya harus diajak duduk bersama dengan pembuat kebijakan untuk bersama menjaga alam ya. Apakah mau ikut konservasi atau tidak ya harus sepengetahuan masyarakat adat juga sih ya

  18. https://en.gravatar.com/mugniar :

    Kadang-kadang masyarakat adat terpinggirkan karena berbagai kepentingan di luar mereka padahal kita harus menjaga mereka karena sesungguhnya merekalah penjaga alam karena keseharian mereka lekat dengan kearifan lokal, yang di antaranya menjaga kelestarian alam.

  19. http://indahnuria.com :

    kita semua memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga alam ini, terlepas apa pun jabatan dan pekerjaan kita. Ada banyak cara untuk menjaga bumi tercinta and we have to start doing it now

  20. https://www.dessyachieriny.com/ :

    Betul mbak banyak masyarakat adat yang terkadang bersinggungan dengan perusahaan swasta. Bahkan ancaman jika tanahnya tidak mau dijual untuk dijadikan perkebunan sawit. Iming-iming setelah dijual diperkerjakan jadi tenaga di perusahaan mereka. Kita harus melek untuk menjaga bumi agar tidak banyak hutan lagi yang harus ditebangi dan hancur. Bahkan banyak hewan turun ke pedesaan karena rumah mereka semakin kecil dan rusak.

  21. https://ruangmamak.com :

    sudah seharusnya kita makin sadar dengan kehadiran mereka ya, menghargai segala bentuk penjagaan masyarakat adat dengan ritual-ritual yang mereka kerjakan untuk menjaga kelestarian hutan, menjaga Bumi kita agar kita tetap bisa menghirup udara bersih ini.
    semoga kedepannya pemerintah pun bisa lebih mendukung ke masyarakat adat daripada berpihak pada perusahaan swasta yang tentunya lebih mementingkan profit daripada keberlangsungan hidup orang banyak termasuk masyakarat adat, Si Penjaga Bumi.

  22. https://www.travelndate.com/ :

    Aku sempat tau info soal kasus dengan tanah masyarakat adat.
    Sumpah sedih banget waktu mendengar hak-hak masyarakat adat tercederai dengan kepentingan kaum kapitalis,
    Semoga hukum di negeri kita bisa lebih berpihak pada masyakarat adat di masa depan.

  23. https://www.yunihandono.com :

    Tanpa keberadaan masyarakat adat mustahil bumi ini tetap terjaga keasriannya, bahkan hutan-hutan dengan segala populasinya tetap lestari berkat masyarakat adat. Merekalah penjaga bumi ini. Dan tugas generasi muda saat ini ikut menjaga bumi ini supaya tidak tercemar, bahkan menghindarkan kepunahan berbagai populasi makhluk hidup yang ada di hutan.

  24. Zahra Rabbiradlia (zahra-rabbiradlia.com) :

    Huhu sedih banget masyarakat adat terpinggirkan oleh ulah investor. Pemerintah harus segera menyejahterakan masyarakat adat karena keberadaan merekalah yang membuat Indonesia ada dan kokoh sampai sekarang, juga hutan Indonesia yang tetap lestari.

  25. https://tehokti.com/glowing-package-friena-skincare.html :

    Jadi ingat sewaktu main ke Baduy Dalam. Banyak sekali larangan tentang merawat alam dan lingkungan. Itu sebabnya daerah mereka sangat asri, alami dan terjaga. Saya pikir merekalah penjaga alam sesungguhnya. Dan kita seharusnya menghormati serta berterima kasih kepada mereka. Masyarakat adat yg sangat melindungi bumi tempat tinggal kita

  26. https://www.niaharyanto.com/ :

    Keren memang masyarakat adat ini. Kearifan lokalnya, segala aturannya, pamali-pamalinya terhadap alam, tidak semata-mata dibuat tanpa alasan yang jelas ya. Tapi memang untuk menjaga kelestarian alam kita. Semoga kita semua bisa selalu menjunjung tinggi itu. Untuk alam yang lestari dan untuk generasi penerus kita.

  27. https://idatahmidah.com :

    Masyarakat adat memang masyarakat yang dekat dengan alam dan juga sangat tergantung pada alam. Mereka paham betul bahwa manusia begitu tergantung pada alam. Jadi mereka lebih perhatian dan peduli pada kelestarian alam ya…

  28. https://www.ameliasubarkah.net :

    Aku berharap banget masyarakat adat itu akan selalu ada dan generasi penerusnya juga aware sama adat dan budaya mereka juga yes.

  29. www.amandadesty.com :

    Mayarakat Adat itu malah justru sebagai “Penjaga” ya kak. mereka sangat dekat dengan alam. Harus kita jaga sama-sama, baik Masyarakat Adat maupun alam kita.

  30. Sedih banget kadang lihat masyarakat adat ini, soalnya tak jarang mereka dianggap menjadi penghambat pembangunan. Padahal kan tidak. Semoga RUU tentang Masyarakat Adat segera disahkan agar masyarakat adat mendapatkan perlindungan atas hak-hak mereka.

  31. Keberadaan masyarakat adat di Indonesia memang sangat penting terlebih untuk kelestarian bumi. makanya butuh perhatian khusus dari pemerintah dan kita semua. semoga makin banyak yang aware dan menjaga masyarakat adat.


Your email address will not be published. Required fields are marked *